CARA MERAWAT POWER WINDOW MOBIL

Tips Cara Merawat dan Mencegah Power Window Macet - Power Window merupakan salah satu komponen yang wajib ada dalam mobil-mobil di jaman sekarang inil. Komponen tersebut berfungsi memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang dalam membuka dan menutup jendela mobil.

Dahulu dibutuhkan tenaga ekstra untuk memutar engkol dalam menurunkan ataupun menaikan jendela, kini dengan adanya power window, pengoperasian tersebut dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menekan tombol.

Namun kenyamanan tersebut dimungkinkan adanya mekanisme yang sedikit lebih rumit, maka dalam menjaga kondisi power window pun dibutuhkan juga perawatan ekstra.

Mungkin karena penggunaannya yang terlihat sederhana justru kadang-kadang orang kerap lupa dalam merawat power window, hingga permasalahan yang sering terjadi seperti kinerja power window yang tersendat atau macet.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang mest Anda perhatikan dalam merawat dan menjaga agar power window tetap bekerja optimal :

Gejala yang dapat dirasakan saat kinerja Power Window tidak lagi optimal adalah tersendat ketika menaikkan atau menurunkan kaca. Hal tersebut akan menimbulkan efek berupa kaca mobil menjadi miring dan bisa menyebabkan kaca tidak akan menutup sempurna ketika akan ditutup.

Hal tersebut biasanya disebabkan oleh karet kaca dan rel power yang kotor. Jangan pernah membiarkan power window bekerja dalam kondisi seperti itu. Disarankan agar Anda memeriksakan power window mobil anda setiap enam bulan sekali. Jika perjalanan yang sering Anda lalui sangat berdebu, maka lebih baik perawatan dilakukan lebih sering.

Perawatan power window sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri dirumah saat memiliki waktu luang, pertama dengan membersihkan karet kaca. Caranya mudah, cukup menyiapkan silicon spray yang dapat dengan mudah anda temukan di pasaran.

Jangan menggunakan cairan penetran karena cairan semacam ini justru akan mengundang debu untuk datang kembali. Penggunaan Silicone spray akan lebih netral dan berfungsi dengan baik. Perhatikanlah karet penghalang debu yang juga berfungsi untuk menyaring debu yang menempel pada kaca sebelum kaca diturunkan.

Anda semprot sepanjang jalur karet dan termasuk karet yang menempel pada frame pintu, lalu lap dengan kain bersih. Perlu Anda ketahui Silicone spray dapat merontokkan kotoran yang menempel dan juga dapat mengembalikan kondisi karet seperti semula.

Untuk merawat rel power window yang kotor dibutuhkan perhatian ekstra yang juga akan menuntut Anda untuk melakukan pembongkaran pintu mobil. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka door trim untuk merawat bagian dalam dari power window.

Berhati-hatilah saat membuka door trim. Pastikan agar Anda tidak mematahkan apa pun. Jika sudah, perhatikan rel power pada bagian atas untuk melihat kondisinya. Jika kondisi rel power kering, oleskan sedikit oli untuk membuatnya jadi lebih licin.

Janganlah memberi oli terlalu banyak agar tidak mengotori kaca pada saat diturunkan. Untuk merawat plastik pemegang kaca sebaiknya berhati-hati dan memperhatikan usia plastik, karena semakin tua usianya, maka semakin rapuh plastik pemegang kacanya.

Jangan lupa bersihkan juga plastik kacanya dengan tetap berhati-hati memperhatikan kondisi di sekitarnya. Agar kondisi power window mobil tetap awet dan terjaga, sebaiknya lakukan proses menaikkan dan menurunkan kaca seperlunya saja.

Janganlah menarik kaca ke dalam jika kondisi kaca sedang basah. Selain itu, janganlah terlalu sering menarik kaca ke bawah jika sedang melewati jalanan berdebu atau seusai melalui daerah yang berdebu. Karena debu dapat merusak power window.

0 komentar: