Nama nama komponen utama mesin mobil

Mesin terdapat beberapa komponen :

1. Blok silinder (Cylinder Block)
fungsi : sebagai tempat untuk menghasilkan
energi panas dari proses pembakaran bahan
bakar.

2. Torak (piston)
fungsi : untuk memindahkan tenaga yang
diperoleh dari hasil pembakaran bahan bakar
ke poros engkol (crank shaft) melalui batang
torak (connecting road).

3. Cincin Torak (Ring piston)
fungsi: - Mencegah kebocoran gas bahan
bakar saat langkah kompresi dan usaha.
- Mencegah masuknya oli pelumas ke ruang
bakar.
- Memindahkan panas dari piston ke dinding
silinder.

4. Batang Torak (Connecting Rod)
fungsi: Menerima tenaga dari piston yang
diperoleh dari pembakaran bahan bakar dan
meneruskannya keporos engkol.

5. Poros Engkol (crank shaft)
fungsi: Mengubah gerak naik turun torak
menjadi gerak berputar yang akhirnya
menggerakkan roda-roda.

6. Bantalan (Bearing)
fungsi: Mencegah keausan dan mengurangi
gesekan pada poros engkol.

7. Roda Penerus (Fly Wheel)
fungsi: Menyimpan tenaga putar ( inertia )
yang dihasilkan pada langkah usaha, agar
poros engkol tetap berputar terus pada
langkah lainnya.

8. Katup (Valve)
fungsi: Membuka dan menutup saluran masuk
dan saluran buang.

9. Pegas Katup (Valve Spring)
fungsi: Mengembalikan katup pada
kedudukan/posisi semula dan memberi
tekanan pada katup agar dapat menutup
dengan rapat.

10. Tuas Katup ( Rocker arm )
fungsi: Menekan katup - katup sehingga dapat
membuka.

11. Batang pendorong ( push rod )
fungsi: Meneruskan gerakan valve lifter
( pengangkat katup ) ke rocker arm.

12. Pengangkat Katup ( Valve Lifter )
fungsi: Memindahkan gerakan camshaft
( poros nok ) ke rocker arm melalui push rod.

13. Poros Bubungan/ poros Nok ( camshaft )
fungsi: Membuka dan menutup katup sesuai
dengan waktu ( Timming ) yang telah
ditentukan.

14. Karter ( Oil Pan )
fungsi: Menampung oli pelumas.

15. Pena Torak ( Piston pin )
fungsi: Menghubungkan torak dengan
connecting rod melalui lubang bushing.

16. Bantalan Luncur Aksial ( Thrust Waser )
fungsi: Menahan poros engkol agar tidak
bergerak/bergeser maju-mundur.

17. Timming Chain : rantai timing / Timing
Belat : sabuk timing
fungsi: Menghubungkan gerak putar poros
engkol keporos nok.

18. Kepala Silinder ( Cylinder Head )
fungsi: Tempat kedudukan mekanisme katup,
ruang bakar, busi dan sebagai tutup blok
silinder.

19. Dudukan Katup ( Valve Seat )
fungsi: Tempat dudukan katup saat menutup.

20. Nozzle (injector) : untuk menyemprotkan bahan bakar ke area bakar (mesin diesel).


Semoga bermanfaat

1 komentar: