PENYEBAB TEMPERATUR NAIK

Temperatur Sering Naik Saat Kecepatan Tinggi,SistemPendingin atau Kelistrikan? Berikut kutip untuk montir mania yang mempunyai masalah apabila kendaraan kesayangan saat kecepatan tinggi temperaturnya tiba-tiba naik, tanpa tahu apa penyebabnya.

Sebut saja Budi, belakangan ini kerap dibuat binggung dengan ulah Suzuki APV kelahiran 2008 miliknya. “Waktu saya bawa ke Bandung lewat Tol, ketika dikebut di atas 100km/jam, selang beberapa waktu kemudian temperature mesin bergerak naik di atas setengah ,” tutur warga Depok, Jabar ini.

Padahal ia mengaku belum lama mengganti air radiator. Dan saat melakukan perjalanan , air radiatordalam keadaaan penuh dan tangki reservoir pada batas teratas. “Kalau jalan biasa di bawah 80 km/jam, temperaturnya normal-normal saja,” binggungnya.

Wah, ada apa ini ya? “Memang kerap terjadi pada mobil yang jam terbangnya tinggi, sekitar usia 4 sampai 5 tahun ke atas,” bilang Edin Supriadin, Service Advisor PT.Buana Alexander Trada, dealer Suzuki di Margonda Depok. Kata Edin, ada 2 indikasi yang bisa menyebabkan hal tersebut.

Bisa dari sistem pendinginan mesin atau kelistrikan.
Mau tahu apa saja yang dapat menyebabkan temperature melonjak saat putaran mesin tinggi?

1. Sirkulasi cairan radiator tidak lancar karena ada bagian di saluran radiator yang mampet . Kalau sudah begini , mau tak mau mesti service radiator untuk membuang kotor di dalam salurannya. “Dan setelah itu, disarankan maksimal setiap 40ribu km, radiator dikuras. Karena dikhawatirkan sudah banyak kotoran.Jangan sampai lewat . Malah akan lebih baik bila di bawah 40ribu km,” saran Edin.

2. Kemungkinan lain, kinerja thermostat mulai menurun, sehingga buka tutup katupnya tidak lancer. Begitu puladengan tutup radiator yang juga berfungsi sebagai katup aliran air radiator. “Bila kasusnya demikian, tak ada cara lain, sebaiknya diganti baru. Memang ini sering terjadi pada mobil di usia 4-5 tahunan,” Imbuh Edin.

3. Periksa juga putaran fan radiator. Bila terasa mulai lemah, segera ganti baru. “Umumnya usia kendaraan 4-5 tahun sudah waktunya ganti dynamo fan. Meski tampak putarannya masih baik saat mobil diam. Karena kita ingin tahu kemampuannya waktu mobil dalam kecepatan tinggi. Sebab, angin dari arah depanbisa membuat putaran kipas jadi melambat karena dinamonya lemah, ” tukas Edin.

4. Indikasi lain, kinerja water pump bermasalah. “Bisa karena sudah ada bagian yang berkarat di dalam water pump , ada sil yang bocor dan sebagainya. Sehingga kemampuan memompa cairan radiator jadi berkurang,” terang Edin lagi.

5. Sementara penyebab dari sistem kelistrikan, “Dari pengalaman kami yang pernah kami temui, kurangnya massa dari aki bisa juga menyebabkan indicator temperature mesin naik. Begitu terminal aki dibersihkan, indikatornya normal lagi,”

0 komentar: