CARA PASANG AMPLIFIER MOBIL SENDIRI

Guna mendapatkan kepuasan maksimal pada audio mobil, anda tentunya memerlukan amplifier, juga jika anda berencana untuk memasang subwoofer anda wajib memasang amplifier.

Memasang amplifier tidak sesulit yang anda pikirkan, dapat menghemat uang lebih daripada harus memasangnya ditoko lebih baik pasang sendiri aja, berikut cara memasang amplifier :

Langkah pertama Tentukan dimana anda hendak memasang amplifier. Jika anda berencana memasang subwoofer, pasang amplifier sedekat mungkin dengan subwoofer, apabila hanya speaker saja, amplifier dapat diletakan dibawah kursi depan penumpang

Langkah kedua Siapkan kabel berikut dalam pemasangan amplifier Kabel power (+) warna merah, ukuran sesuai terhadap spesifikasi yang tertera pada buku manual amplifier, umumnya tercantum pada satuan AWG (semakin kecil nilai AWG maka semakin besar diameter kabel tersebut, contoh ukuran 8 AWG lebih kecil dibandingkan terhadap ukuran kabel 4 AWG).

Pada power berkapasitas 500watt RMS umumnya dianjurkan menggunakan kabel power berukuran 4 AWG. Pada panjangnya ukur jarak dari aki ke amplifier, usahakan panjang kabel se-efisien mungkin, sehingga mudah pada penataan kabel dan rapih. Jangan lupa untuk memasang “fuse” (sekring) pada kabel power (+) berwarna merah, jarak ideal dalam pemasangan sekring biasanya berkisar 45cm diukur dari posisi aki (+), pasang sekring dengan ukuran 60Ampere, jenis sekring pada audio banyak dijual dipasaran.

Kabel ground (-) warna putih sebesar ukuran kabel power (4 AWG) dengan panjang tidak boleh lebih dari 90cm Kabel RCA, sesuai dengan channel pada amplifier klo 2 channel ya beli 2, jika 4channel ya beli 4, dan seterusnya… Kabel Remote yang menghubungkan signal head unit terhadap power amplifier, tidak harus ukuran besar, cukup kabel kecil aja, sekitar 18 – 8 AWG Kabel speaker, kabel subwoofer jika anda berencana memasangnya Terminal kabel model garpu

Langkah ketiga Siapkan perkakas berikut dalam memulai pekerjaan Obeng plus (+), obeng min (-) Tang potong, cutter Isolasi serta solder berikut timah Langkah ke empat Keluarkan head unit anda dari dashboard, periksa urutan kabelnya Lepaskan speaker dari dudukannya sehingga memudahkan anda ketika merapihkan kabel Tips & Warnings Head unit merupakan kaset player atau cd playet yang terdapat pada dashboard kendaraan anda.

Head unit model lama belum memiliki RCA jack, Maka anda memerlukan amplifier yang mempunyai input speaker bukan input RCA Baca petunjuk pemasangan amplifier, umumnya terdapat informasi yang akan membantu anda memudahkan pada tahap pemasangan, seperti ukuran kabel, ukuran sekring, dll Speaker bawaan pabrik umumnya kurang mampu menerima power dari amplifier, ada baiknya cari speaker yang mempunyai upgrade sesuai dengan kapasitas amplifier yang hendak anda pasang.

Pemasangan Langkah pertama Lepaskan kabel min (-) aki Lakukan ini selalu jika anda mengerjakan system kelistrikan pada kendaraan anda sehingga menghindari konslet Pasang kabel merah (+) dari aki, pasang sekring (45cm setelah aki), kemudian menghubungkan kabel yang keluar dari sekring ke amplifier (+) 12Volt DC.

Guna menghindari terjadinya distorsi usahakan kabel positif (+) tidak dekat dengan kabel RCA, ataupun dengan kabel speaker. Pasang kabel ground pada baut yang menempel dibodi, pastikan baut tersebut baik kondisinya, tidak karatan, amplas permukaan bodi hingga terlihat plat besi, pasang kabel ground dan baut.

Lepas head unit serta pasang kabel remote yang ada pada head unit ke amplifier, kemudian pasang RCA jack yang juga terletak dibagian belakang head unit, pastikan tepat posisinya (speaker kiri dan speaker kanan).

Lanjutkan dengan memasang kabel speaker (gunakan isolasi kertas serta beri tanda untuk (+) dan (-), kemudian pasang kabel speaker pada terminal (+) amplifier serta (-) amplifier gunakan sekun serta solder sehingga kuat dan rapih.

Jika anda memasang subwoofer, pasang kabel subwoofer (+) serta (-) kemudian sesuaikan juga di amplifier.

Pastikan amplifier telah duduk dengan baik, perlu diperhatikan juga sirkulasi udara disekitar amplifier, karena amplifier mudah panas, serta perlu ruangan yang cukup, dimaksudkan sehingga umur pakai amplifier tahan lama. Pasang kembali kabel min (-) aki, set volume pada head unit low,Selanjutnya naikan tahap demi tahap, tes suara yang dihasilkan terhadap masing-masing speaker, sebelum anda merapikan pekerjaan anda.

Jika suara yang dihasilkan terhadap masing-masing speaker terdengar baik,rapihkan pekerjaan anda kemudian setel amplifier sesuai dengan karakter suara yang tentunya menjadi keinginan anda.

0 komentar: